Monday, March 28, 2011

Sulitnya Berbahasa !!!

daaaaaassss....bener kan...hari senin adalah hari paling berat sedunia .....menurut gue...hari senin harus diresmikan dan  dirayain tuhh...sebagai hari terberat sedunia........dan biar lebih fokus ngerayain-nya....dibuat tanggal merah juga....jadi...sebagaimana layaknya tanggal merah...harus libur dehhh.... kayak tanggal merah yang lainnya  :p 

nah..bagaimana dengan gue di hari ini??...benar seperti apa yang udah diperkirakan kemaren...begitu menginjakkan kaki didepan lobi deket security untuk absen....udah dua orang nyamperin gue (buset?..siapa gue?) untuk nanyain pekerjaan yang menurut mereka harusnya gue selesaikan minggu ini... (gue gak tau apakah mereka bertanya karena memang ada dalam job desc. mereka ataukah buat mereka itu adalah teguran basa basi semacam `selamat pagi Nufriiii` gitu... hihiiiiiii )...

hari ini...selain mendapat sapaan selamat pagi ala mereka...gue juga harus ikutan miting siang nya...yang ternyata miting project baru...`join production` dengan institusi lain (kantor lain maksudnya...)...dan karena project ini adaptasi dari luar negri....maka diantara peserta miting ada satu orang bule yang mensupervisi agar program mereka diadaptasi dengan baik oleh kita....nahhhh...sang bule...otomatis presentasi dalam bahasa standar internasional...inggris (ya iyaaa laaaaahhh...masak bahasa jawa)...dan kami peserta miting lain, yang semuanya orang lokal... juga setengah wajib (ngawur banget pemilihan kata gue) berbahasa inggris walau pun ngomong sama orang lokal...gak mungkin bahasa sunda juga. :p ....

karena bahasa sehari-hari kita bahasa indonesia...jadi terasa aneh kalau kita berbahasa inggris dengan sesama bangsa indonesia...tapi dalam situasi ini.... itu adalah keharusan!!!...itu tatakrama sob (kata temen gue yang agak sok tau)....dihadapan orang yang tidak mengerti bahasa kita...kalo kita maksa pake bahasa jawa misalnya...si bule bingung dong (lanjut temen gue tadi...masih dengan sok tau nya)......maka jadilah dalam miting tadi kita ber was wes wos ....dengan keterbatasan kosa kata dan tata bahasa yang super ngawur... (maklum waktu smp bahasa inggris gue merah...nah pas SMA baru lah nilai bahasa Inggris gue gak merah...itu pun karena pulpen merah pak guru ilang... hihiiii) jadi juga miting dalam bahasa asing.....hasilnya kita sepanjang miting kayak anak TK yang baru belajar ngomong....ada yang mau nyela untuk protes tentang materi miting...setelah diberi kesempatan bicara malah bingung mau ngomong apa..akhirnya was wes wos lagiiii (wis nya kapan?)....si bule bingung lagiiiiii....gue ketawa lagi.....hahahahaaaaaaaaa.....

tapi jangan percaya gue....sumpah ini hanya fiktif dan fantasi gue doang...temen kantor gue jago-jago semua kok bahasa inggrisnya (ya iyaaaa lahh...kita kan lulusan universitas luar negri semua.....universitas swasta maksudnya...halaaaaaahhh?..garing ya lawakan gue?....bodo amaaat!! ).....ini terjadi cuma dalam khayalan gue waktu miting......ini cuma salah satu khayalan diantara khayalan jorok lainnya pastinyaaaaa.....khayalan joroknya apa aja Nuf?...salah satunya gue ngayal peserta mitingnya pada telanjang semua.......hahaaaaaaa.............ogahhhhhh....ogah yang cowok maksud gue...yang cewek aja yang telanjang!!! (hayooo...jangan marah...kan cuma ngayal)

nahhh....bicara tata krama dalam berbahasa (asiiik...gaya ngomong gue kayak anggota DPR yaaak?...preeeet)...entah itu bahasa daerah atau bahasa asing....saya ada cerita lain...

di divisi saya... banyak pekerja yang berasal dari  jawa barat...bahasa sehari-hari mereka adalah bahasa sunda...kalau mereka sedang berkumpul...mereka selalu menggunakan bahasa mereka walaupun mereka tahu ada saya dan beberapa orang lagi yang tidak bisa bahasa sunda mereka tetep asik bicara dalam bahasa itu..tinggal kitanya aja yang bengong-bengong ngeliatin ekspresi mereka....pernah suatu saat gue protes ke salah satu dari mereka...gue sampe bawa2 spanduk segala dan gue kumpulin orang sekampung untuk dukung gue.....gue protesss ke depan istana!!!..gue pengen didengar!!!! ...hai kamu yang diatas !!!...walau gue minoritas gue juga pengen dihargai...pengen mengerti ucapan dan lawakan kalian.......halaaahhh...apaan sih?.....mulai ngelantur lagi gue (geleng-geleng sambil garukin kepala)....gak mungkin segitunya laahhhh.....gak penting juga kali ....jangan di masukin hati ya....gue emang gitu...suka ngelantur kalo lagi nulis...suka ngupil kalo lagi boker (apaan siiiihhh).....aslinya gue gak protes....gue cuma nanya....napa gak pake bahasa indonesia aja? ...kan pada lancar bahasa indonesianya...dia malah ketawa (asli !)....trus jawabannya gini... "pake bahasa Indonesia rasanya aneh Nuf....kayak gimanaaaaaa gitu rasanya kalo ngobrol sama temen sedaerah gak pake bahasa asli".....jiaaaahhhh......gubrakkkk.....gue mah ngerti ajaaa...sama aja kayak gue ngobrol di depan bule tadi......tapi ya itu tadi....disaat mereka ngelawak dan ketawa bareng-bareng....gue ngerasa mereka lagi ngomongin gue........huaaaaaaaaaaaaaaaaaa........

nah...menurut lo dari cerita gue diatas apa yang harus lo inget apabila lo kejebak dalam situasi seperti itu? (gue pake kata `kejebak`...biar gimanaaa gitu suasana hati lo saat baca kata itu)....

kalo lo dalam posisi yang banyakan (makin kebawah makin ngawur bahasa gue ni)...dan berbicara dengan teman yang berbahasa sama dengan kita...usahakan libatkan teman yang tidak mengerti itu dengan memberi penjelasan yang cukup kepadanya...biar dia gak ngerasa asing di lingkungan...gak perlu translate kata per kata sih....garis besarnya ajaaaa....minimal saat ketawa bersama...orang asing itu bisa ketawa bareng kita.....huahahahahahahahahahahahahaaaaaaaa...

tapi kalo lo dalam posisi yang satunya gimana?.....(kalo lo gimana Nuf? )...nah kalo gue?....kalo gue gini niiiiih.....sekali lagi kalo gue yaaaaa......gue akan tinggalin area percakapan itu dengan segera.......ya iyaaaaa laaaaahh....orang gua kagak ngartiiii bang !!!!! ngapain disitu....

5 comments:

  1. Memang sering bingung kalau dengerin orang-orang ngobrol pake bahasa daerah masing-masing. Aku lulusan SMA boarding school yang muridnya kumpulan dari berbagai daerah di Indonesia. Asiknya,kami jadi ga perlu Ada pelajaran bahasa lokal, Lebih Asyik lagi, aku jadi tau berbagai macam kata-kata kotor Dari berbagai macam bahasa daerah! Hahahahahaha~

    ReplyDelete
  2. `...hahahaaaaaaaa....saya rasa semua orang pernah mengalami hal itu yaaaa...suka kasihan kalo ketemu orang bule yang ngumpul sama kita...terus kitanya ngomong bake bahasa kita (becanda pake bahasa asing gak enak bangeet)..

    ReplyDelete
  3. hahahaaaaaaaaaa....gak berani saya ngomongnya....hahahaaaa.... :p

    main air got gak pake sepatu << jorok banget yaaa

    ReplyDelete
  4. ah, rasanya toleransi orang indonesia masih rendah -__-

    ReplyDelete

tinggalkan jejak kalian dibawah ini...apapun isinya...tetap akan membuat saya bahagia menari-nari kecil didepan laptop.... heheeeee.......