Monday, May 9, 2011

Leak diSepanjang Jalan itu .... (94 goes to Bali eps.3)....

      Tidak seperti  Bali selatan...Bali utara sangat sepi dan tidak terlalu ramai dengan turis....kalau pun ada....itu hanya turis2 tua yang sudah berumur dan sedang senang2nya merenung tentang hidup mereka kebelakang...
       diBali bagian Utara inilah tempat kita melaksanakan KKL (baca disini)  dan   (disini)...ada desa dengan arsitektur yang unik menjadi sasaran kuliah kerja kita....sebuah desa yang diapit gunung dan lautan....desa yang latar belakang sejarahnya berasal dari pulau jawa...bernama pagayaman....

      namun tidak seperti dalam film2 romantis... yang kuliah lapangan itu selalu menginap didesa setempat...dan membaur dengan penduduk lokal....kami para mahasiswa/i andalan ibukota ini (preet)...lebih memilih untuk tinggal dihotel sebagai tempat menginap...yang jaraknya kurang lebih setengah jam perjalanan bus menuju desa tersebut.....

          kami dipisah menjadi dua hotel yang berbeda....katakanlah hotel A dan hotel B.......jarak antaranya tidak begitu jauh...mungkin hanya se-peminuman teh...halaahhh....kok kayak baca cerita2 silat ya....nggak.....jaraknya sekitar 150m...pemisahnya adalah sawah dan kebon....

     letak hotel berada tepat dipinggir pantai lovina....sebuah pantai yang tenang dan tidak begitu berombak....sangat tenang dan meneduhkan....saking tenang dan sakralnya....setiap malam selalu berhembus gosip diantara kami...bahwa jalanan pemisah antara hotel A dan hotel B ada `penunggu`-nya...bahkan ada yang berani menyatakan dia telah melihat `sesuatu` di kegelapan jalan itu.....

          "wahh...gue yakin banget itu leak...."
          "anjrit !!.....hari giniiii?....masih aja lo percaya"
          "busettttt....ini Bali man....Baliiii....gila kali lo kalo gak percaya..semua bisa terjadi disini"
          "hiiiiiiiiii.....iya juga ya....serem ih.... "
        
        begitulah...berkat gosip ajaib itu.......setiap malam sehabis menyusun laporan dihotel A kita selalu saling menunggu untuk pulang ke hotel B berbarengan....

          jalan itu sungguh menyeramkan....tidak ada lampu jalannya.....penerangan hanya ada di arah depan...dari arah hotel B tujuan kita....tidak ada kendaraan melintas setelah jam 9....aroma semerbak daun kamboja ditambah gosip2 yang beredar diantara kita jadi makin menambah keseraman dari jalan itu....hiiiiiiiiiiiii......

      walau berbarengan ada saja yang masih takut...ditambah sikembar biang iseng dan tengil A`am (disini) dan Ade (disini)  yang suka menakut2i...makin lengkap aja suasana mengerikannya...

     "ehhh...apaan tuh diatas pohon?....liat gak lo?....." A`am memulai keisengannya saat sedang melintas dijalan itu....

         "bodo amat Am... !!...jangan iseng...nanti beneran ada...repot lo.." timpal si Boss dengan segera....

    walau mencoba cuek....tapi secara tidak disadari...kita masing2 mempercepat langkah....

     "waduh....wangi apaan ni?...bunga kamboja kan....gak salah lagi....leak ni kayaknya....." timpal Ade...ngawur banget...bikin makin merinding.....hati yang tadi dengan susah payah dibuat `cool` mendadak ciut lagi
        "tenang jangan diliatin....kalo gak diliatin....dia gak ganggu kok..." yang lain berkomentar juga...gak tau literaturnya dari mana....yang pasti langkah-langkah kami semakin cepat dan tidak teratur....

         "santai aja....gak ada apa2 kok...si A`am aja ni tengil..."

         "tapi....tapii...perasaan gue gak enak ni....." ada lagi yang ngomong.....kali ini si Max anak metal (baca disini) yang menimpali.

         gak tau siapa yang ngasih komando....yang pasti langkah kita semakin cepat dan kemudian berubah menjadi pelarian yang sangat kencang........kita semua berlarian ngibrit....
  "huaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa....kaboooooooooooorrrrr........."

         gue sendiri gak terlalu yakin dengan gosip yang berkembang..........gue rasa ini bisa2nya anak2 aja buat lucu2an....tapi masak iya....yang lain berlarian sementara gue sok `cool` jalan santai ditengah kegelapan dan aroma bunga kamboja....gak lahhhhhhh....gue ikutan lari juga....

         "kaboooooorrrrr....."  gue teriak jugaaa....sambil ngibrit sekencangnya....asli kenceng banget....gue duluan sampai....

         sesampainya di Hotel

         "emang tadi lo liat apaan am?" tanya dicky ke A`am...
         "gak jelas juga...kayak sesuatu gitu...nangkring di atas pohon..."
     "laaahh...terus ngapain pada lari ya?....gue ngos-ngosan gini....anjriiittt".....sahut Ronny kebungkuk-bungkuk....
    "gak tau....gue mah ngikutin aja...dari pada gue dimakan leak" Ade menjawab..ngawur banget....emang leak makan orang ya?....baru tau gue.....
         "hiiiiiiiiiiiiiiii...ngeri banget...leak bisa makan orang ya...." tambah ngawur nih yang ngomong....

      Akhirnya...gosip semakin kencang beredar diantara kita..setiap malam sepulang membuat laporan...selalu begitu......kita semua selalu ngacir saat lewat jalan itu....ada aja yang memulai duluan... entah melihat sesuatu....mendengar sesuatu....ataupun mencium sesuatu....tapi gue rasa ini cuma bagian dari keisengan masing2 kita saat itu...soalnya sesampainya dihotel juga pada ketawa-ketawa.....jadi bahan lucu2an gitu.....

     hingga suatu malam......si A`am lari lebih belakang dibanding yang lain.....sambil teriak-teriak ketakutan...kita semua yang sudah sampai duluan....dan tertawa2 sambil mengatur nafas jadi tertarik perhatiannya ke teriakan si A`am......serius banget teriakannya....kita menoleh bersamaan kearahnya...

          "apaan sih lo Am?....teriakannya berlebihan gitu....udah sampe tempat terang ni.............." semprot gue diantara tarikan nafas.....
         "anjritttttt.......lo pada gak tau sih......waktu lo semua lari tadi......gue kan ketawa2 aja ngakak bareng si Ade tadi....gak ikutan lari...jalan aja santai bareng dia....." A`am ngejelasin sambil ngos-ngosan ngatur nafas....
            "terus.....kenapa lo ngos-ngosan gini?..." tanya Max penasaran.....yang lain juga penasaran...
       "iya....terus gue jalan bareng si ade kesini.....terus...gue ngobrol sama dia sambil ngetawain lo-lo semua.....ade juga ketawa.....tapi lama-lama ketawanya makin besar....terus jadi aneh gitu ketawanya...."
           "laaah?.....terus...?" yang lain makin penasaran....kalo di film2....musik-nya udah nongol ni.....
           "gue aneh dong....gue peratiin mukanya....anjrittttt....beda tau gak...."
           "hah!!!!...beda gimana?....."
           "berubah!!....bukan muka dia lagi....berubah jadi leak....ihhhh....jadi merinding lagi gue ni...."
           "lahhhhh...leak !!!.....lebayyyyy lo..."
           "buset....seriussss!!!....ngapain gue boong....hiiiiiiii........." jawab A`am

        walau kita semua maklum dengan ketengilan A`am.........tapi ada sebagian yang percaya dengan cerita itu...ada yang kusuk2 di belakang....ada yang ikut2an bawa2 cerita serem....ada yang komat kamit di pojokan sambil menatap tajam kearah jalan gelap tadi....

         ngeliat ada yang komat-kamit...yang tadi kasak-kusuk ngomongin A`am malah berubah jadi sibuk ngomongin yang komat kamit.....dan jadi ikutan menatap kearah jalan gelap barusan....kini semuanya jadi meratiin kesana...tidak terkecuali yang tadi gak percaya sambil ketawa-ketawa....semuanya tidak terkecuali saat ini menatap kearah yang sama....

         tiba2 dari arah kegelapan.....disertai dengan asap tipis...dan semerbak kamboja....(musik makin kencang membahana kalau ada sound effect-nya).....muncul sesosok tubuh...sosok yang kita kenal....itu sosok Ade....dengan gayanya yang sama seperti biasa...si A`am terkaget sambil nunjuk-nunjuk....

         "tuh dia....udah berubah lagi....jadi si Ade..." kata aam sambil memungut batu dan langsung menyambit kearah sosok itu......ada yang mau mencegah tapi terlambat...batu sudah terlontar dari tangan A`am......

       bletaaaakkkk !!!

       "adaaaaaaaaaooooooo...." sosok itu berteriak sambil memegangi mulutnya.....

   lah kok???.......leak tereak `adaaaaoo`.......kita semua bingung dan menatap A`am dengan aneh.....yang di tatap bingung dan merasa harus menjelaskan sesuatu disini...

       "eeemmmm.....ehh....kok tereak ya....sumpah....tadi leak beneran kok....itu udah berubah lagi ke Ade bentuknya....coba sekali lagi yukkk....." kata A`am sambil memungut batu lagi....kontan yang lain menghalangi...

   sementara sosok yang teriak tadi semakin mendekat sambil terus memegangi mulutnya..berdarah!...walau hanya sedikit darah yang keluar....tapi cukup membuat bibir bagian atasnya jontor dan lucu bentuknya...pas banget sama mukanya....hihiiiii.....lahhhh....mana ada leak yang bedarah....

     "anjritttt.....ngapain gue disambit am?.........parah lo becandanya....udah gue ditinggalin di hotel sana...gue lagi cuci tangan di WC sebentar...eh pada udah cabut semua.....ya udah gue jalan sendiriran...eh...malah disambit....." Ade bicara ngotot ke A`am....
MySpace

       yang lain jadi main liat2an...bingung...perasaan tadi ada ade waktu kita meninggalkan hotel sana....tapi kok jadi gak yakin yaaa...hiiiiiiiiiiiiiiiiiii.........bulu gue merinding......yang lain main liat2an...gak ada yang berani komentar......
     
         Ade bingung....dia belum tau cerita aam...... 

      Bali land of god....sekali lagi membuat kita terhenyak....


         

46 comments:

  1. seru dong kalo ke bali ketemu leak, hahaha

    ReplyDelete
  2. bali land is god tapi ane belom pernah kesitu gan jadi tentang leak percaya ga percaya

    ReplyDelete
  3. huwaaaa,, nyata nih..??
    ngerii eh :-&

    ReplyDelete
  4. hem... lepas dari percaya atau tidak, Bali punya kosmik yang gak pernah luntur selama berabad2 ^_^

    ReplyDelete
  5. serem banget gambarnya hehe..

    ReplyDelete
  6. salah satu yang bikin bali bikin bule penasaran...

    ReplyDelete
  7. @Ami....seru sih...tapi kalo inget lagi...sereeeeemmm :)

    @Warsito....sama.... :)

    @Hani Purwanti.......masih tanda tanya sampe sekarang...siapa yang boong gak ada yang ngaku...heheeeee....

    @Wiedesignarch...setuju....aura-nya jadi beda kalo dateng kesana...

    @umieabie....hahaaaaaa...iya...serem ...hiiiiiiii

    @Eks....betullll...setuju... :)

    ReplyDelete
  8. ane seumur hidup blum pernah ke bali gan,,kapan bisa ke sana ya????

    ReplyDelete
  9. hahahaha serem sih. tapi bagian bibir jontornya lucu :D

    ReplyDelete
  10. waaah? jadi itu beneran leak? ihh ngeri >.<

    ReplyDelete
  11. Waduh gambar apaan tuh, patungnya belum selesai ya mas? giginya belum di potong. hehe..

    Salam kenal..

    ReplyDelete
  12. @baru belajar....saya doain deh gan...semoga bisa...heheeee...amin...

    @Pungky....betullll....kelemahan dia memang di bibir selain mata... :p

    @Siti Nurul Falah....hiiiiiiiiiiiiiiii...

    @usaha sukses....hahahahaaaaaaa...salam :)

    ReplyDelete
  13. wah2 jadi ikut merinding baca endingnya,,*takut

    ReplyDelete
  14. Suatu Cerita yang Menarik ya, dengan gaya bahasa tersendiri :D

    ReplyDelete
  15. wahhh bro. jangan jangan si ade mukanya emang mirip leak. jadi sampai pangling teman lu itu. masak sih becanda ampe nyambit batu. gile

    ReplyDelete
  16. Bali ... emang top dach jadi kota wisata.... pengelolan kota bagus banget, kita gak ketemu tukang ngamen, dan pengemis... jadi bisa menikmati perjalanan dengan nyaman, ....
    Leak .... sptnya salah satu ciri dari bali yg populer, tapi aku gak suka ....seeereeemmmm

    ReplyDelete
  17. Untuk bukan kamu, nu.
    Kasih tau gih si ade, barangkali bisa aware kalo ketemu kamu (Lho?)

    ReplyDelete
  18. gilaak.. itu mah ngawur, temen sendiri disangka leak.. pake disambit batu pulak.. emang lagi lempar jumroh?, hahahhaa...

    ckckck.. nggak semudah itu juga kalii nemu leak, karena katanya sih kalo leak ketahuan orang bisa diamuk.. entahlah, coba tanya bli madi yang orang bali..

    ReplyDelete
  19. @fizer0...hiiiiiiiii....sama... :)

    @Taman Sambas....heheee...terima kasih mas...

    @BAyu Hidayat...hahaaaaa...sesungguhnya memang begitu...wkwkwkwwkwkwkkkkkkk...

    @Hariyanti Sukma...setuju bu...gaya hidup orang Bali pun cukup unik dan menarik untuk dijadikan daya tarik.... :)

    @Renotxa...hahahahahaaaaaaaaaa...jangan sampe deh... :)

    @Gaphe....wkwkwkwkwkkkkkkk...iya kayak lempar jumroh...setannya yang kena...hahahahaaaaaaaaaaaaaaaaaa...

    ReplyDelete
  20. dulu waktu aq ke Bali, mama juga bolak balik ngingetin "ati2 masih banyak leak, berkelakuanlah yang baik disana" mungkin temen mu si aam uda ganggu kali makanya diliatin sosok leak (kalau beneran dy ngeliat leak lo ya), tp klo dy berani ngelempar batu ke temennya sendiri berarti jgn2 yang dy liat beneran leak tuh, masa bercandaan sampe lempar batu, ngga banget kan :)
    betewe kmn aja sih? hbs ulang bulanan ilang? xixixixi

    ReplyDelete
  21. salam sobat
    jadi pengen ke BALI

    ReplyDelete
  22. salam sobat
    berkunjung salam kenal n sekalian izin follow ya

    ReplyDelete
  23. HUaa....jadi tokoh utama *ADE* berubah jadi leak..?? ngeriiiii...

    ReplyDelete
  24. hiii..serem...katanya malah dulu di Lombok sering keliatan yg begituan. penampakan gitu. bahkan di hotel2nya.

    ReplyDelete
  25. kasian bgt jd ade kena sambit batu amper jontor. untunglah ditempat perantauanku ga percaya hal2 gaib jd sifat penakutku ga kambuh.

    ReplyDelete
  26. @gloriaPutri...hahaaaa..iya..Bali memang penuh mistis...hihiii...iya...saya ngilang setelah ulang bulan...ke luar kota...hahaaaa...

    @paskey...terima kasih :)

    @imtikhan...siap...nanti saya main kesana... :)

    @betawi banget...hiiiiiiii...awas...nanti malam didatengin lhooo...hiiiiiiii...

    @sang cerpenis Bercerita...yyyiiiiiiaaaaa....makin serem...di hotel pula....

    @Wury SweetY...emang nasib dia aja lagi apes (emang apes terus kayaknya)... :)

    ReplyDelete
  27. saya ngiler aaaaa pengen kesana jugak!

    ReplyDelete
  28. mmm.. saya percaya ada dimensi lain di dunia ini. dimensi lain yg diisi leak dan sejenisnya. hanya saja tampak atau tidaknya mereka tergantung mediasi dan besarnya magnet di daerah itu. wah.. wah.. kok saya jd ilmiah gini ya =))

    ReplyDelete
  29. ahah jadi pengen, untung minggu depan ke bali ;D

    ReplyDelete
  30. hiii...serem. Jangan2 yg bareng kalian emang lean beneran..*jejeeeng!(musik mistis makin kenceng,haha)

    ReplyDelete
  31. Akhirnya update lagi.. :D
    Hmm tak lain tak bukan a'am jalan sama "ADE" yg bkn sebenarnya..

    ReplyDelete
  32. dr dl ga pernah sempet mau ke lovina

    ReplyDelete
  33. baru npost lagi ya mas? malang bener ade itu, duasyaaat dah pengalamannya

    ReplyDelete
  34. @inggip PR....berangkaaaatttt !!!

    @maya....hahahahaaaaaa...iya saya juga percaya..

    @eko tri...waaaaa...asikk...

    @Ruzana Dhiauddin...hiiiiiiiiiii... (musik makin kenceng)

    @Dian Eka...yeaaaayy !!...iya kayaknya begitu deh... :)

    @exort...saya juga cuma sekali itu... :)

    @Retno Novitha S....iya...baru ngepost lagi...bukan dimalang...ini di Bali... :p

    ReplyDelete
  35. apa itu artinya "se-peminuman teh"? ga ngerti -_-" heheee...

    Aku suka bgt Lovina, sepi dan tenang... eh, ga tau deh sekarang, udah rame juga kali ya. aku kesana thn 2007 hahahaa.... untung ga ketemu Leak x_x!

    ReplyDelete
  36. aku pernah ke pantai Lovina. bagus tuh..ternyata serem toh di sana..

    ReplyDelete
  37. Halah beneran nggak nih ceritanya? hihihi... *gak rela ditakut2in sama Nufri*

    tapi kadang2 emang bener sih... pernah liat yg beneran.. bukan Leak tapinya... YaNg LAIN...

    ReplyDelete
  38. @Mila...hahaaaaaaaa...itu TimeFrame nya para pendekar kalau ngukur waktu...hahahaaaaaa...ngawur yaaa?

    @Sang Cerpenis bercerita...heeheee..iya sereem..

    @Boku No Blog... :)

    @Lyliana Thia...hiiiiiiiiiii...takut...awass dibelakangnya ada apaan tuhhh?...

    ReplyDelete
  39. jadi keingetan film soal leak...serem

    ReplyDelete
  40. Pengen ketemu leak.. wkwkwk
    kunjungan balik ya.. :)

    ReplyDelete
  41. Wuiiih jangan sampe' deh ngeliat yg gitu-gituan, kalo sekedar merinding di tempat sepi dan gelap sih sering.
    Pernah kejadian juga sih waktu lagi observasi ama teman sekelas, di penginapannya ada ayunan gitu. Temenku maen deh, eh ayunan yg di sebelah juga goyang barengan ama ayunan temenku itu. Padahal tiangnya beda loh. Langsung deh ngibrit semuaaa....

    ReplyDelete
  42. jadiii... jadiiii... jadiiii..
    yang jalan sama A'am SIAPAAAAA...????
    hiiiii siyaaalll, mana gw bacanya sambil nonton tipi acara uji nyali pulaaakk..

    ReplyDelete
  43. I like it because BALI,,,,,BALI is one asset that most GREAT TOURISM INDONESIA greetings from my

    ReplyDelete

tinggalkan jejak kalian dibawah ini...apapun isinya...tetap akan membuat saya bahagia menari-nari kecil didepan laptop.... heheeeee.......